Laman

Rabu, 27 November 2013

Renungan,,,,,



P A S A R


    1. Pengertian Pasar.
-          Adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli
-          adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli
-          Adalah keseluruhan kegiatan mulai dari tawar menawar untuk mencapai kesepakatan harga sampai teradinya transaksi jual beli barang atau jasa terentu

B.    Peranan dan Fungsi Pasar
1.    Peranan Pasar
a) Bagi Konsumen         :
     - Memberikan kemudahan untuk mendapatkan barang/jasa yang dibutuhkan
b) Bagi Produsen
     - Sebagai tempat untuk memudahkan memperoleh bahan-bahan yang diperlukan
     - Sebagai tempat untuk mempromosikan hasil produksi
     - Sebagai tempat untuk menjual barang/jasa hasil produksi
c) Bagi Pemerintah
- Mempermudah untuk memperoleh sarana prasarana maupun menjual barang dan jasa yang diperlukan pemerintah
    2. Fungsi Pasar
a) Sarana Distribusi         : Untuk memperlancar proses penyaluran barang
b) Sarana Promosi          : Untuk menarik konsumen
c) Pembentuk harga        : Melalui proses tawar menawar

C.    Syarat-syarat terjadinya pasar:
a. adanya penjual
b. adanya pembeli
c. tersedianya barang yang diperjual belikan
d. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli

D.   Macam-macam pasar dan contohnya :
a.    Menurut Wujudnya :
1. Pasar Konkrit/Nyata  : Pasar yang barangnya tersedia di pasar penjual dan pembeli bertemu langsung    
          Ciri-cirinya      :
(1)  Transaksi dilakukan secara tunai
(2)  Barang dapat dibawa saat itu juga
(3)  Barang yang diperjual belikan benar-benar ada/nyata
(4)  Penjual dan pembeli bertemu langsung
2. Pasar Abstrak        : Pasar yang barangnya tidak tersedia di pasar, hanya contoh saja
          Contoh                   : Pasar modal, Pasar uang dll
          Ciri-cirinya      :
(1)  Penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung (dapat berjauhan)
(2)  Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
(3)  Barang yang diperjual belikan tidak tersedia (hanya contoh saja)
(4)  Transaksi dilakukan dalam partai besar
b.    Menurut Jenisnya :
1. Pasar Barang Konsumsi    : P. yang menjual belikan barang-barang
                                                            konsumsi
          Contoh                             : Pasar ikan, pasar sayur, dll
     2. Pasar Barang Produksi     : P. yang menjual belikan barang-barang
                                                        produksi
              Contoh                             : Pasar tenaga kerja, pasar modal dll
c. Menurut luas kegiatan distribusinya :
     1. Pasar Lokal                              : Pasar yang ada di wilayah tertentu (lokal)
              Contoh                              : Pasar tamanan, pasar sendang dll
     2. Pasar Daerah                  : Pasar yang wilayahnya meliputi daerah
                                                        tertentu (Kab.)
              Contoh                             : Pasar Wage, Pasar Raya Sri Ratu dll

     3. Pasar Nasional                : Pasar yang cakupan wilayahnya satu
                                                        negara (nasional)
              Contoh                            : Pasar modal, pasar tenaga kerja dll
     4. Pasar Internasional                   : Pasar yang wilayah pemasaran mencakup
                                                        seluruh dunia
              Contoh                             : Pasar kopi (Santos Brasil), Pasar Wol
                                                        (Sidney)
d. Menurut Waktunya     :
     1. Pasar Harian                   : Pasar yang berlangsung setiap hari
              Contoh                             : Pasar tamanan, Pasar Ngemplak dll
     2. Pasar Mingguan              : Pasar yang berlangsungnya
                                                        seminggu/sepekan sekali
              Contoh                            : Pasar segawe, pasar sendang dll
     3. Pasar bulanan                 : Pasar yang berlangsungnya setiap bulan
                                                        sekali
              Contoh                             : Pasar pajak (P. di perkebunan kelapa
                                                        sawit Sumut)
4. Pasar Tahunan                : Pasar yang berlangsungnya setiap   
 .setahun sekali                                                 
              Contoh                             : Pasar Raya Jakarta (PRJ), PR Semarang,
                                                 Sekaten di Jogja

e. Menurut Struktur/organisasi   :
     1. Pasar Persaingan Sempurna :
              Adalah pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli, sehingga baik penjual dan pembeli tidak dapat menentuan harga sendiri
              Contoh          : Pasar sayur, pasar buah dll


2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna :
         Adalah pasar yang dikuasai oleh satu/beberapa penjual maupun pembeli sehingga antara jumlah penjual/pembeli tidak seimbang
Macamnya :
a) Pasar Monopoli           : Satu penjual banyak pembeli
b) Pasar Duopoli             : Dua penjual banyak pembeli
c) Pasar Oligopoli            : Sedikit (lebih dari 2) penjual banyak
                                              pembeli
d)Pasar Monopolistis         : Banyak penjual dengan cirri khas
                                             barangnya, dengan banyak pembeli
e) Pasar Monopsoni       : Satu pembeli banyak penjual
f) Pasar Duopsoni          : Dua pembeli banyak penjual
g) Pasar Oligopsoni        : Sedikit (lebih dari 2) pembeli banyak
                                             penjual



E.    Penelitian sederhana tentang pasar (Observasi Pasar) :
Demontrasi/simulasi jual beli/tawar menawar di pasar
   
          Setelah melaksanakan observasi di pasar diharapkan siswa dapat memeragakan/ menirukan proses kegiatan jual beli yang dilakukan antara penjual dengan pembeli secara berkelompok dengan skenario yang berperan sebagai penjual 2 siswa sisanya sebagai pembeli.



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar